VLOG PembaTIK Level 4 - Penggunaan Fitur Augmented Reality & Edu Game dalam Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas 3 SD
Salah satu tugas akhir pembaTIK level 4 adalah membuat vlog tentang best practice pemanfaatan fitur dari portal rumah belajar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada kesempatan kali ini, saya tergabung dalam kelompok Jatim 4 yang sepakat memilih model pembelajaran Discovery Learning untuk pembuatan best practice. Fitur rumah belajar yang digunakan pun harus beragam atau berbeda untuk setiap anggota kelompok. Maka dari itu, Pak Djono (SRB Probolinggo) menyarankan teman-teman untuk mengisi daftar pilihan fitur rumah belajar yang akan digunakan dalam best practice. Setelah melakukan analisis terhadap kompetensi dasar yang ada di kelas yang saat ini saya ampu yaitu kelas 3 SD, saya memilih menggunakan fitur Augmented Reality dan Edu Game untuk mengajarkan materi tentang profesi yang ada di tema 2 subtema 4 pembelajaran 4. Materi yang saya ajarkan adalah PPKn KD 3.3 dan 4.3 dengan indikator Keberagaman profesi dan perannya dalam kehidupan sehari-hari serta Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8 dengan indikator menulis cerita berdasarkan gambar.
Langkah selanjutnya adalah membuat RPP best practice model pembelajaran discovery learning dengan memanfaatkan fitur AR dan Edu Game portal rumah belajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran saya buat dengan menggunakan aplikasi Canva. Hal-hal yang saya cantumkan di RPP antara lain identitas, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pelajaran, media dan sumber belajar, model dan metode pembelajaran, langkah pembelajaran, dan penilaian. Semua hal tersebut saya cantumkan dalam RPP dengan format satu lembar seperti nampak pada gambar berikut.
Pada pengimplementasiannya, anak-anak dihimbau untuk membawa smartphone dari rumah. Selanjutnya di sekolah mereka menginstall aplikasi rumah belajar dan aplikasi augmented reality di smartphone-nya masing-masing. Hal ini tentunya membuat anak-anak merasakan pengalaman belajar baru. Berdasarkan hasil pengamatan saya selama pelaksanaan kegiatan, tidak saya temukan satu pun anak yang menguap di kelas. Setiap anak dalam kelompok sedang asyik dan sibuk dengan perannya masing-masing. Wow, sungguh atmosfer belajar yang positif.
Terkait alur pembelajaran pada kegiatan ini, saya mengacu pada sintaks model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, & generalization. Pada setiap tahapan, anak-anak banyak berkolaborasi bersama teman-teman satu kelompoknya untuk menemukan konsep tentang peran dan tugas dari profesi yang ada di lingkungan sekitar, dalam hal ini diwakili dengan gambar yang tersaji pada marker AR rumah belajar. Selain itu, kompetensi komunikasi anak semakin terlihat ketika mereka menceritakan hasil karyanya bersama kelompok di depan kelompok lain. Kompetensi kreativitas juga terasah, hal ini terlihat dari hasil karya anak pada saat mewarna gambar profesi dan hasil laporan temuan yang mereka susun bersama teman-temannya.
Pada akhir kegiatan, saya mewawancarai anak-anak untuk menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan fitur AR dan edu game portal rumah belajar. Hasilnya sangat mengesankan, anak-anak dapat dengan lancar menceritakan perasaan dan pengalaman belajarnya hari ini. Kegiatan selengkapnya dapat disimak pada video best practice yang telah saya unggah ke kanal YouTube.
Video Best Practice yang telah diunggah ke YouTube

Comments
Post a Comment